Warga Manado rayakan Jumat Agung

ManadoMB–Seluruh umat Kristiani di dunia Jumat (02/04/21) hari ini ramai-ramai merayakan Hari Raya Jumat Agung untuk memperingati kematian Tuhan Yesus Kristus. Demikian halnya dengan warga Jemaat Gereja Kristen Oikumene Indonesia (GKOI) Anugerah Puri Indah Kota Manado.
Ibadah Jumat Agung ini dipimpin Gembala Sidang Pdt. Rayusthalion Sinampu STh MSi. Mengambil pembacaan Alkitab dari Lukas 23: 33-43 dengan perikop Yesus Disalibkan.
Dalam kotbahnya, Pdt Rayus mengatakan Tuhan Yesus yang disalibkan bersama 2 orang penjahat menunjukkan keilahiannya dengan menunjukkan kalimat pengampunan. Berbeda dengan salah satu penjahat yang kalimatnya penuh dengan olok-olok kepada Tuhan Yesus. Maka Sang Mesias hanya berkata, “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”(Lukas 23:34).
Meski seorang penjahat mengolok-olok Tuhan Yesus, namun seorang lainnya justru menegur rekannya yang mengolok-olok itu.
“Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: “Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah.”(Lukas 23 : 40-41).
M
Usai menasehati temannya ia kemudian berkata pada Tuhan Yesus,”Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.”(Lukas 23:42)
Tuhan Yesus pun langsung berkata,”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”(Lukas 23 : 43).
Ibadah Jumat Agung sebelumnya diawali dengan peneguhan Sidi Jemaat baru. Didampingi orang tua, para sidi baru kemudian diteguhkan oleh Gembala Sidang yang juga adalah Ketua Sinode GKOI wilayah pelayanan Sulut. Usai khotbah Pdt Rayus menuntun jemaat melakukan Ibadah Perjamuan Kudus bersama.(henzoe)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: