Pulukadang : Kegagalan Pemkot Sebelumnya Salah Tempatkan Orang


BitungMB—Penentuan siapa-siapa yang nantinya membantu pemerintahan MMHH ini, baik sebagai kepala dinas, Staf ahli hingga kepada Direksi dari Badan Usaha Milik Daerah harus dipikirkan dengan menempatkan orang-orang yang mempunyai kapasitas dan keahlian dalam bidang yang diampuhnya.
Hal ini diungkapkan oleh Rahmat Alo Pulukadang dalam wawancara pagi tadi. Tokoh pasar Girian ini mengatakan jika kegagalan pemerintahan yang sebelumnya adalah karena salah menempatkan orang –orang yang berfungsi sebagai pembantunya. “MMHH harus selektif dengan orang-orang yang akan membantunya, jika tidak maka masyarakat yang akan menjadi korban,” ungkapnya.
Dia sendiri sudah berniat membantu pemerintah MMHH meskipun tak masuk dalam tim pembangunan MMHH. “Saya sadar dan tetap sebagai masyarakat, saya akan bersama pemerintah membangun kota ini meskipun saya tidak berada dalam struktur pemerintahan,” jelas Tuama Rat Tonsea ini.
Namun demikian dirinya tetap akan melakukan kritik jika memang ada yang salah dalam pemerintahan ini. “Saya pikir MMHH adalah orang yang hebat dan tentunya tidak akan menempatkan orang yang salah dalam satu bidang namun jika ada program yang salah, saya akan mengkritiknya agar masyarakat tidak menjadi korban,” katanya lagi.
Sementara itu,Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bitung mengapresiasi cara Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar dalam menyeleksi pejabat.
Menurut Sekretaris PSI Kota Bitung, Donly Bilote, langkah Maurits-Hengky patut didukung karena menggunakan sistem assessment dalam memilih calon pejabat yang akan membantunya bekerja.

“PSI mendukung langkah assessment terhadap berbagai jabatan strategis oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung. Salah satunya penentuan staf khusus wali kota,” kata Donly, Kamis (08/04/2021).
Diapun mengatakan jika dengan adanya tim Seleksi Dewan Pengawas dan Direksi Perusahaan yang di bentuk pemerintahan MMHH menjadi bukti, keseriusan pemerintah dalam membangun kota dengan menempatkan orang-orang yang berkualitas.
Bagi PSI kata dia, ini merupakan langkah baik dan perlu didukung oleh segenap lapisan masyarakat.

“Nah menjadi juga perhatian adalah soal efektifitas dan efisiensi pemerintahan Maurits-Hengky mengingat periodik pemerintahan hanya 3, 5 tahun,” katanya.

Karena itu kata Donly, tahapan dan mekanisme assessment mesti segera dilaksanakan agar perangkat pemerintahan bekerja cepat, tepat dan tuntas.

“Selebihnya apapun keputusan wali kota dan wakil wali kota Bitung Solid didukung PSI secara organisatoris,” katanya.
Menjawab hal itu, Pemerintah kota Bitung dibawah kepemimpinan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar berkomitmen menciptakan iklim inovasi dan trobosan.
“Siapapun yang ditempatkan akan jadi alat untuk berinvoasi dan trobosan kepada pengabdian masyarakat agar puas,” ungkap Walikota.
Karena menurut Mantiri, pemerintah jangan bersikap seperti ditaktor, melainkan sebagai pelayan masyarakat. “Kami Harus mampu menerima protes dan kritik dari masyarakat biarkan saja agar tau jalan yang akan kita lalui,” ungkapnya.(red)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: