Kerja 100 Hari, MMHH Suport Administrasi Penyuluh Pertanian

BitungTersenyum – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar menggelar pertemuan dengan penyuluh pertanian di Kantor Camatan Ranowulu, Kamis (08/04/2021).

Acara itu dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Sony Wenas dan puluhan perwakilan penyuluh pertanian dan petani di Kota Bitung.

Dalam laporannya, Sony menyampaikan jumlah pegawai di dinas yang dipimpinnya ada 50 orang, pemyuluh 26 orang dan pegawai pemerintah perjanjian aparatur negara sebanyak 5 orang.

Luas wilayah pertanian di Kota Bitung kurang lebih 16 ribuan hektar yang harus dijangkau 26 orang penyuluh pertanian dan yang menjadi kendala adalah tidak adanya fasilitas berupa kendaraan bagi para penyuluh.

Tak hanya itu, Kepala dinas Wenas sendiri sempat memaparkan jika tahun yang lalu ada banyak sekali program pertanian di kota Bitung. “Tahun yang lalu ada banyak sekali program dari dinas pertanian untuk pemberdayaan petani,” jelas Wenas.

Mendengar laporan tersebut, Walikota Bitung Maurits Mantiri sempat mengucapkan jika program tersebut dikarenakan ada perhelatan Politik. “Kan waktu itu karena ada kampanye,” ungkapnya yang membuat sejumlah penyuluh tersenyum.

Setelah mendengar laporan dari Sony, Maurits-Hengky lebih memilih mendengar masukan dan kendala yang dihadapi para penyuluh serta petani di Kota Bitung.

Adapun kendala dan masukan yang disampaikan, fasilitas bagi penyuluh yakni kendaraan bermotor roda dua, peralatan kantor seperti printer, computer dan laptop serta TPP. Selian itu, permohonan bantuan bibit seperti jagung, pala dan bibit tanaman pangan lainnya.

Mendengar masukan itu, Maurits-Hengky secara bergantian memberikan tanggapan. Keduanya berjanji akan berusaha menyiapkan alat transportasi dan peralatan kantor secara bertahap.

Wali Kota meminta kejelasan luas lahan pertanian di Kota Bitung, hal ini untuk dijadikan persiapan lahan bagi investor yang akan menanam modal dalam bidang pertanian.

“Tahap pertama  untuk peralatan kantor 8 unit Komputer dan printer untuk disain kerja serta Laporan. Dan besok langsung cek ke Bagian Keuangan untuk pengadaan itu,” kata Maurits.

Terkait TPP penyuluh pertanian, kata dia  akan di naikkan tapi harus sesuai dengan aturan. (red)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: