Hari ke 8 dilantik, MMHH & Staf Presiden Rapat Perikanan di Bitung

Bitung–Akibat tersumbatnya sejumlah persoalan di kota Bitung membuat Deputi 1 Kepala Staf Kepresidenan David Calvin Tetelepta, Tenaga Ahli Utama Bidang Kemaritiman Allan Koropitan, Staf Ahli Utama bidang Insfrastruktur Herson Siagian, Niko Amrulah tenaga ahli Muda beserta rombongan Kantor Staf Presiden (KSP) datang ke kota Bitung untuk melihat persoalan pembangunan yang ada di Kota Cakalang ini.

Uniknya, usai makan bersama, meja makan disulap menjadi tempat untuk rapat bersama berbagai mulai instansi Vertikal dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perikanan, Pelabuhan, Pelindo serta Badan Usaha Milik Tol, Balai Jalan untuk mendengar pengeluhan pemkot.

Pemkot sendiri dihadiri langsung oleh Walikota Maurits Mantiri, Wakil Walikota Hengky Honandar dan Sekda DR Audy Pangemanan.

Dalam pembicaran tersebut terungkap keinginan Pemkot Bitung untuk kembali memperjuangkan kejayaan hasil tangkapan perikanan di kota Bitung terlebih potensi Ikan tuna. “Dulu eksport Tuna Indonesia mencapai 400 Juta US Dolar dan Kota Bitung menyumbangkan 70 Juta Us Dolar untuk pencapaiannya namun kini hal itu sudah tidak terlihat lagi sehingga kami dari kantor KSP ingin mengembalikan kejayaan kota Bitung itu,” jelas Deputi Tetelepta.

Bukan hanya itu, dari hasil rapat singkat tersebut menurut Tetelepta didapatkan 3 prioritas kerja KSP di Bitung seperti wilayah Pengolahan Perikanan Tangkap, akses BBM bersubsidi bagi nelayan dan Penertiban di wilayah laut. “3 persoalan besar ini yang menjadi tugas kami dan akan dibawah ke kantor staf presiden untuk dibahas. Untuk itulah kami mengundang Pemkot Bitung pada tanggal 29 April nanti ke kantor KSP untuk membahas hal ini dengan instansi terkait guna mendapatkan jalan keluar agar supaya apa yang menjadi penghalang bisa dibuka untuk melancarkan usaha,” jelasnya seraya menjelaskan mekanisme pekerjaan dari pihak kantor KSP bekerja lintas sektroal sehingga pada persoalan ini pihaknya akan memangil kementerian Kelautan dan Perikanan, Poliarud, Bakorkamla serta pihak Kementerian Energy Sumber Daya Alam dalam hal ini dirjen Migas agar bisa membuka keran-keran yang tersumbat. “Jika memang bisa diselesaikan hari itu, yah kita selesaikan hari itu juga untuk mendapatkan kejelasan dan terbukanya kembali akses perekonomian warga Bitung,” kata Tetelepta yang didampingi oleh Alan Koropitan Doktor dari Amerika alumnus SMA  negeri Girian yang kini bertugas sebagai tenaga Ahli Utama di KSP.(red)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: