PD Pasar Optimalkan Pasar Buha

ManadoMB—Relokasi Pasar Tuminting ke Pasar Buha Mapanget, sudah dilakukan sejak bulan Maret lalu. Dan PD Pasar Kota Manado tengah mengoptimalkan keberadaan pasar di kawasan Manado utara itu.
Meski demikian, masih ada keluhan warga terkait relokasi tersebut. Menurut Rangga Bayu Restu, relokasi pedagang pasar tuminting ke Pasar Buha terlalu dipaksakan.” Soalnya selain fisik bangunan yg belum layak digunakan, sarana transportasi umum juga belum terakomodir,  sehingga masyarakat yang sering berbelanja merasa kesulitan menjangkaunya. Mereka cendrung berbelanja ke pasar Bobo Bailang atau ke pasar Bersehati. Belum lagi bau sampah yg menyengat,sehingga bagi pedagang kuliner enggan pindah,” ungkap warga Tuminting ini.
Menjawab keluhan ini, Kabag Umum PD Pasar Kota Manado Ny Alwin Takumansang- Mamuaja mengatakan pihak PD Pasar akan mengoptimalkan keberadaan Pasar Buha ini.
Soal transportasi umum, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado. ” Tiap hari ada petugas Dishub yang mengarahkan penumpang dan bus- bus yang sudah disiapkan. Walaupun sekarang ini terlihat lebih banyak mikrolet yang muat penumpang ke sana,” bebernya.
Soal polusi udara di Pasar Buha menurut Alwin hanya soal imej saja.”Karena memang kan pasar ini berdekatan dengan TPA Sumompo, jadi seakan-akan masih tercium bau sampah. Kami tadi baru dari Pasar Buha, tapi tidak tercium bau sampah. Waktu pagi hari sama sekali tidak ada, waktu siang mungkin karena panas dan tertiup angin memang sedikit ada bau, tapi tidak menggangu,” tegasnya.
Karenanya, Alwin mengajak para pedagang dan pembeli agar memanfaatkan Pasar Buha ini. “Apalagi dari sisi kelayakan gedung dan pengaturannya, sudah sangat ideal,” pungkasnya.(henzoe)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: