BMKG: Sulut diintai cuaca ekstrim

ManadoMB–Kondisi cuaca buruk cenderung ekstrim kini mengintai daerah Sulut. Menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia, kondisi hujan sedang hingga lebat disertai  kilat/petir dan angin kencang. “Terutama terjadi di wilayah Bolmong, Bolsel, Bolmut, Boltim, KK, Minsel dan Mitra,” sebut BMKG via rilis di situsnya bmkg.go.id.

Instansi teknis pemerintah yang bertanggungjawab soal iklim di Indonesia ini juga mengungkapkan saat ini Bibit Siklon Tropis di Utara Papua telah berkembang menjadi Siklon Tropis “SURIGAE” yang bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina.

Penamaan siklon atau badai tropis Surigae ini dilakukan oleh Japan Meteorogical Agency (JMA), termasuk analisis dan pergerakannya. Sebelumnya bibit siklon ini bernama 94W.

“Akibatnya, saat ini terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah Utara Sulawesi dan Sekitarnya berkisar 8 – 20 knot,” ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (14/4) lalu.

Dwikorita menerangkan, siklon atau Badai Tropis ini diprakirakan akan berkembang menjadi Badai Tropis Kuat (STS) dan bahkan Typhoon (TY) pada tanggal 16 April 2021.(***)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: