BNPB Ingatkan potensi bahaya Siklon Tropis 94w

ManadoMB–Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan dini dan langkah kesiapsiagaan menghadapi potensi bibit
siklon tropis 94w, menindaklanjuti hasil deteksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Tropycal Cyclone Warning Centre.
Dalam surat peringatan bernomor: B-27/BNPB/D II/PK.03.02/04/2021 itu disampaikan bahwa bibit siklon tropis ini terdeteksi di Samudera Pasifik dari Timur Papua yang berpotensi menjadi siklon tropis seminggu ke depan.
Bibit siklon tropis ini mempengaruhi wilayah Utara Indonesia, khususnya di bagian Timur seperti Sulawesi, Kepulauan Maluku, Papua dan Papua Barat, serta beberapa wilayah lain di Indonesia.
Pasalnya, hal ini akan menyebabkan terjadinya hujan lebat  hingga lebat sekali disertai angin kencang peningkatan gelombang yang diperkirakan terjadi rentang tanggal 13-19 April 2021 ini.
Karenanya, surat yang ditujukan kepada sejumlah Gubernur ini diharapkan agar Pemprov dapat menginstruksikan ke Pemkab/Pemkot agar berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk memantau agar apabila perlu dapat mengambil langkah antisipasi. “Seperti sosialisasi agar masyarakat menjauhi sungai/lereng, daerah rawan longsor serta tepian pantai yang memiliki resiko tinggi,” sebut Deputi Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, dalam surat bertanggal 13 April tersebut.
Dan untuk informasi dini potensi bahaya banjir, banjir bandang dan tanah longsor hingga ke level desa, dapat diakses melalui http: //inarisk2.bnpb.go.id/pencegahan. “Koordinasi lebih lanjut dapat menghubungi Pusdalops PB BNPB di nomor telepon 0812-123-7575 (HP), (021) 2128 1200 (fax) atau di call center 117,” pungkas Lilik.(***)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: