Talaud Eksport Tuna ke Australia

TalaudMB-Geliat dinamis kembali dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga yang biasa disapa E2L-MAP.

Setelah memprogramkan pengiriman ribuan anak muda Talaud untuk bekerja di Jepang beberapa waktu lalu, kini E2L-MAP membuat sejarah baru dengan mengekspor hasil perikanan yakni ikan tuna ke negara Australia.

Buktinya, Wabup atas nama Bupati melepaskan ekspor perdana komoditi sektor perikanan di wilayah perbatasan Kabupaten kepulauan Talaud.

“Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud telah melakukan launching ekspor perdana komoditi perikanan dan kelautan Kabupaten Kepulauan Talaud ke Australia pada hari Rabu kemarin,” ucap Moktar Parapaga Wakil bupati Talaud saat menyampaikan arahan sebelum kegiatan pelepasan ekspor komoditi perikanan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pada kegiatan ini turut pula hadir pihak Bea Cukai dan tentunya pihak perusahan-perusahan ikan yang ada di Talaud.

“Atas nama pemerintah daerah, Bupati dan saya menyampaikan terima kasih kepada pusat Karantina, pihak petugas Bea Cukai serta perusahan ikan yang ada di daerah ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Wabup memastikan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud akan senantiasa berusaha memberikan kemudahan kepada pihak investor dalam rangka upaya mengembangkan usaha perikanan di kabupaten ini.

“Harus diakui sejauh ini masyarakat terhambat dalam kegiatan pengolaan ikan, karena masih memakai cara tradisional Sehingga mutu Ikan hanya diambil 30 persen akibat keterbatasan pada pengelolaannya. Namun dengan kehadiran dari Karantina, Bea Cukai serta perusahan ikan yang ada di sini, maka mutu ikan Talaud dapat diperhitungkan di pasaran dunia,” ucapnya.

Wabup menyatakan bahwa ekspor awal ke negara sasaran yakni Australia dan selanjutnya ke negara Jepang.

“Mutu ikan sudah lebih baik dan nyatanya saat ini kita lakukan ekspor pertama di bidang perikanan ke luar negeri dan dengan demikian perekonomian para nelayan di Talaud meningkat dan kesejahteraan masyarakat semakin lebih baik,” tutup Parapaga. (jnj)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: