Proyek Jalan Hot Mix Ranowulu Tak Jelas?

BitungMB –Semakin nyata dukungan pemerintah akan Relokasi Kelurahan Pinasungkulan. Pasalnya pembuatan jalan hot mix yang ada di Kecematan Ranowulu, Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dinilai warga adalah bentuk persiapan eksplorasi tambang.  

Pasalnya proyek pembuatan jalan hot mix, yang menghubungkan Kelurahan Duasudara menuju Kelurahan Pinasungkulan dan Kelurahan Batuputih Bawah serta Atas Kecamatan Ranowulu memiliki Lebar 12 Meter.

Malahan pembuatan jalan yang diduga tidak memiliki papan keterangan proyek.

“Jalan ini memang direncanakan sebagai sarana pendukung tambang pasca relokasi Pinasungkulan. Karena nantinya akan ada kendaraan besar yang lalu lalang disini,” kata sumber yang enggan namanya dimediakan dari pantauan wartawan dilapangan, pengerjaan proyek jalan hot mix tersebut dari simpang tiga ke Kelurahan Batuputih dan Pinasungkulan hingga ke arah Kelurahan Duasudara, tidak ada ada selembar pun papan informasi terkait pengerjaan proyek.

Banyak kendaraan mulai dari truk besar hingga alat berat seperti excavator, Wales Stump, grader dan lainnya.

Sorotan lainnya, ketika melintas kemudian ada kendaraan dibagian depan kepulan debu beterbangan ke arah bagian belakang hingga mengganggu perjalanan.

Bahkan kalau tidak memakai masker dan helm, bakal masuk ke dalam hidung dan rambut berdebu.

Menurut Alfons Wodi warga Kelurahan Batuputih, menilai jika jalan itu sudah selesai efek jangka panjangnya akan berdampak ke masyarakat.

Jalan jadi luas, bagus dan tidak terlubang lagi. “Tapi harus memperhatikan berbagai aspek, seperti papan proyeknya harus nampak jangan di sembunyikan, atau kalau sudah romboh di pasang lagi agar transparansi untuk masyarakat,” kata Alfons.

Alfons hampir setiap hari lalu Lalang di lokasi pengerjaan jalan hot mix tersebut untuk pergi ke tempat kerja.

Dan kerap mengalami keadaan seperti ‘mandi debuh’. Untuk itulah dia dia memberikan solusi agar, ada penanganan sehingga sambil menunggu proses penyelesaian membuat nyaman masyarakat yang melintas.

Terpisah, pemerintah Kota Bitung melalui Dinas PUPR menjelaskan proyek tersebut dikerjakan oleh Dinas PUPR Kota Bitung dan itu merupakan jalan kota.

Julius Sumanti Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR kota Bitung, akan memberikan keterangan atau penyampaian secara resmi terkait dengan proyek jalan tersebut.

Pihaknya akan mengundang pengawas, direksi, kontraktor, PPK, PPTK dan semua yang terlibat dalam pengerjaan proyek hadir menyampaikan terkait proyek itu.

“Kami akan buat berita acara, foto-foto dan posting penyampaian keterangan kepada wartawan. Akan ada berita acaranya agar terbuka, dan sekaligus kami sampaikan, tidak berulang-ulang,” tutur Julius Sumanti, Rabu (3/11/2021).

Lanjutnya, sebelum pertemuan dengan wartawan terkait dengan penyampaian keterangan pengerjaan proyek jalan itu pihaknya akan melakukan pertemuan lebih dulu dengan para pihak yang terlibat.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: