MSM Hanya Bebaskan Tinerungan. Item : Jangan Pisahkan Kami

BitungMB—Tuhan Mempersatukan, MSM Memisahkan. Satire ini layak disematkan untuk warga Pinasungkulan yang berada di Jaga 1 dan Jaga 2 (Tinerungan)  ketika rencana relokasi  kelurahan ini akan dilaksanakan oleh Perusahaan tambang karena adanya potensi cadangan emas yang besar di Jaga 2.

“Yang kami relokasi hanyalah pemukiman Tinerungan atau Jaga 2, bukan semua warga di kelurahan Pinasungkulan, “ jelas sumber resmi yang juga adalah salah satu pimpinan di PT Meares Soputan Meaning/Tambang Tondano Nusajaya.

Diapun mengatakan jika hal ini dilakukan karena warga di Tinerungan sudah tidak nyaman dengan aktifitas tambang ditempat itu. “Kami merasa prihatin dengan aktifitas kami ditempat itu, karena adanya Pengeboman yang sehari bisa sampai 3 kali, pun demikian dengan abu dari kendaraan kami, bisingnya lalu lalang kendaraan tambang baik siang sampai malam,” katanya.

Dirinya menyampaikan hal inilah yang membuat pihaknya ingin merelokasi pemukiman di Tinerungan ini. “Tapi hanya Tinerungan khususnya jaga 2 tidak dengan jaga 1 karena untuk jaga 2 tidak masuk dalam jangkauan aktifitas tambang, apalagi ada aturan soal zonasi aktifitas tambang,” jelasnya.

Sementara itu, Roy Item Warga Kelurahan Pinasungkulan yang ditemui wartawan mengungkapkan jika warga sudah bersatu jika akan dibebaskan harus dilakukan semua, tidak bisa hanya Tinerungan saja. “Ini kampung keluarga bersuku Tonsea, sebelum ada perusahaan tambang kami hidup berdampingan kawin mawin antara warga, kenapa kami harus dipisahkan,” tanya Item.

Konsep “Potong” kelurahan yang dilakukan untuk pembebasan lahan ini dinilai salah. “Ini satu kesalahan. Kami, anak-anak kami tumbuh bersama, kanapa tradisi, budaya dan Sosial kami mau dipisahkan,” jelasnya.

Pihak Humas PT MSM/TTN Inyo Rumondor saat dikonfirmasi wartawan membenarkan jika pihak perusahaan hanya akan merelokasi pemukiman dan warga yang ada di Jaga 2. “Benar, kami hanya akan membebaskan tanah warga yang ada di Tinerungan atau warga yang ada di Lingkungan 2 lainnya tidak,” kata Rumondor singkat.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: