Perkim Lalai Dalam Penyerapan Anggaran, 2022 Bitung Rugi 20 M

BitungMB—Kabar duka bagi Masyarakat dan pemerintah Kota Bitung, akibat lalainya dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) dalam menyerap anggaran tahun 2021 sebesar 24.138.600.000 hingga bulan Oktober, ini mengakibatkan pihak Badan Perencanaan Nasional tak akan menganggarkan dana Alokasi Khusus integrasi yang adalah program khusus pemerintah Pusat kepada Pemkot Bitung tahun 2022 yang jumlahnya 18.671.700.000 yang gunanya akan membangun rumah layak huni sebanyak 180 unit di kota Cakalang ini.

Bukan hanya perumahan, bahkan sejumlah Fasilitas Umum untuk masyarakat Bitung pun tak akan didanai dari APBN ini.

Sementara kepala dinas Perkim Kota Bitung, Hendrik Sakul Saat dikonfirmasi membenarkan akan kerugian pemkot Bitung ini. “Benar pemkot tak akan menerima dana Alokasi Khusus dari Bapenas, namun bukan tidak ada Realisasi tapi karena terlambat dimulai, apalagi pada awal tahun ada terjadi pergantian pimpinan,” ungkapnya seraya mengatakan jika sampai saat ini untuk pencairan Dak integrasi sudah mencapai 70 persen.

“Penyerapan Anggaran kami pada saat akan ditetapkan usulan dari pemkot pada bulan Oktober realisasinya masih nol sehingga ini yang menjadi dasar Bitung tak mendapatkan DAK integrasi 2022,” ungkapnya.

Namun begitu dirinya mengatakan jika untuk DAK integrasi tahun 2023 sudah dipersiapkan kementerian. “Buktinya senin depan kami sudah diundang ke Solo guna membahas ini,” tutupnya.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: