Sebanyak 143 “Burung” Lelaki Bitung Diikat

BitungMB—Mendukung Program Keluarga Berencana di kota Bitung rupanya sampai saat ini, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) sudah melakukan Vasektomi terhadap 143 Lelaki di kota Bitung.

Vasektomi sendiri menurut Kepala DPPKB Pemkot Bitung, dr Lucky Kromo adalah Pengunaan alat KB untuk Pria.

Vasektomi adalah prosedur kontrasepsi pada pria yang dilakukan dengan cara mengikat saluran sperma dari testis guna mencegah sperma mencapai air mani yang dikeluarkan saat berhubungan dengan Istri,” jelasnya.

Malahan menurut Kromo, Peserta program KB Pria atau vasektomi di Kota Bitung mendapat sambutan luar biasa.

Buktinya, selama program ini diluncurkan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Pemkot Bitung mencatat ada 143 orang Pria telah mengikuti vasektomi.

Bahkan menurutnya, tahun ini Kota Bitung tercatat sebagai peserta KB pria terbanyak se-Sulut.

“Untuk tahun ini, kita ada empat peserta KB pria dan itu adalah peserta tertinggi di se-Sulut,” kata Lucky, Senin (29/11/2021).

Akibatnya, kata Lucky, Kota Bitung mendapat Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Terbaik Total Capaian Pelayanan Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi tingkat Provinsi pada Kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021.

“Program ini gratis alias tidak dipungut biaya bagi para calon peserta dan ini adalah program nasional,” katanya.

Untuk menjadi peserta KB pria, kata mantan Sekretaris Dinas Kesehatan ini, harus ada persetujuan dari pasangan atau istri.

Bahkan kata dia, sebelum peserta memutuskan untuk mengikuti program itu, pihaknya menyiapkan pendampingan dengan tujuan memberikan penjelasan serta penguatan.

“Malah, kami juga menyiapkan uang transportasi bagi warga yang membawa calon peserta KB pria,” katanya.

Sementara itu vasektomi adalah salah satu KB permanen yang bisa dijalani oleh seorang pria untuk mencegah kehamilan pada pasangan. (ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: