Terima 721 M, MMHH Buktikan Keran Pusat, Provinsi Hingga Kota Mengalir

BitungMB— 9 Bulan Terakhir ini pemerintahan MMHH membuktikan jika keran bantuan Partai dan pemerintah  berjalan mulus seperti yang pernah dijanjikan saat kampanye tahun yang lalu.

Pembuktian jika kota Bitung menjadi istimewa saat mendapatkan berbagai bantuan itu terlihat dari yang masuk.

Herson Mayulu Legislator DPR RI telah memfasilitasi pemkot Bitung untuk mendapatkan Tempat uji kelayakan Mobil yang kini telah ditempatkan di ex terminal kayu kota Bitung, Begitu juga dengan Pengadaan Bus Sekolah serta Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Pun demikian dengan Kartu Indonesia Pinter PIP untuk siswa SMP dan SD yang pengaturannya dilakukan oleh legislator Senayan, Vanda Sarundayang dan Adriana Dondokambey.

Tak hanya itu beberapa waktu lalu, lewat Vanda Sarundajang ratusan buah Laptop milik kementerian pendidikan telah diserahkan ke beberapa sekolah dasar Bitung.

“Ini menjadi bukti kerja sinergitas kerja Gotong Royong dari Pusat, Provinsi, Kabupaten dan kota,” kata Geraldi Mantiri SE ketua Fraksi PDIP DPRD Bitung.

Sementara untuk anggaran pemerintah pusat yang masuk ke kota Bitung tahun 2022 ini

Pemerintah pusat bakal mengalokasikan anggaran ratusan miliar untuk menunjang program Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar.

Informasinya, ada sekitar Rp 721.607.099 miliar (M) yang bakal dikucurkan pemerintah pusat khusus untuk Kota Bitung tahun 2022 nanti.

Hal itu terungkap saat Walikota menerima penghargaan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2022 dan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2020, Jumat (03/12/2021) lalu di Aula Gedung Keuangan Negara.

Penghargaan itu diserahkan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw yang berharap dana alokasi dari pemerintah pusat itu benar-benar digunakan dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Wali Kota sendiri mengaku bersyukur dan menyampaikan terimakasih kepada Presiden RI, Joko Widodo dan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Olly Dondokambey-Steven Kandouw.

“Ini bukti sinergitas antara pemerintah pusat dengan daerah untuk memulihkan perekonomian di tengah pandemi COVID-19,” kata Maurits, Minggu (05/12/2021).

Apalagi kata dia, Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2022 menitik beratkan pada pemulihan ekonomi di tiap daerah, termasuk Kota Bitung.

“Dengan kebersamaan, pastinya segala harapan kita dapat terwujud, perekonomian dapat bangkit, kemajuan dan kesejahteraan rakyat dapat kita capai,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan dan Aset Pemkot Bitung, Franky Sondakh membenarkan jika tahun 2022 nanti Kota Bitung bakal mendapat kucuran dana dari pusat sebesar Rp 721.607.099 M.

“Dana itu merupakan TKDD tahun 2022 yang diserahkan Pak Wakil Gubernur ke Wali Kota beberapa waktu lalu,” kata Franky.

Dana itu kata dia, peruntukannya sudah jelas dan daerah tinggal merealisasikannya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Alokasinya untuk sektor pendidikan, kesehatan dan pemulihan ekonomi,” katanya. (MM)

Adapun Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Kota Bitung Tahun 2022

NoKegiatanAnggaran
1Dana Bagi Hasil (DBH)Rp 91.967.535 M
2Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 464.686.698 M
3Dana Insentif Daerah (DID) Rp 5.018.225 M
4Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 159.934.641 M
5DAK fisik Rp 79.905.350 M
6DAK non fisik Rp 80.029.291 M
Total Rp 721.607.099 M

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: