Uang Palsu Beredar Di Pasar Girian, Kanit Pasar bentuk Tim

BitungMB—Peredaran uang Palsu di pasar Girian kelurahan Girian Weru kecamatan Girian yang diketahui pada Senin (6/7) kemarin membuat pasar yang kini dikelolah oleh perumda pasar Gempar. Malahan sempat gempar dan bertanya-tanya oknum yang menyebarkan uang palsu tersebut.

Mengetahui kekisruhan yang terjadi, Kanit pasar Girian Neldy Kalangi langsung mengambil langkah kongkrit guna melindungi pedagang dipasarnya. “Mengetahui hal itu, saya langsung menugaskan kepada rekan-rekan yang melakukan penagihan dipasar untuk segera mengantisipasi dengan melakukan sosialisasi uang di pasar tersebut agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” jelas Kalangi.

Yang ditakutkan pihaknya adalah saling tuduh dari para pedangan maupun pembeli yang nantinya berakhir pada perselisihan. “Sosialisasi Cermati, merabah, menerawang kami lakukan sekaligus jangan cepat memasukan uang di laci tampa melakukan hal ini,” katanya.

Pun kejadian tersebut diungkapkan oleh, puluhan pedagang yang berada di pasar tersebut.

Ketika ditelusuri di pasar Girian salah satu pedagang tahu dan mie menyebutkan bahwa dirinya menemukan uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 50 ribu diketahui palsu pada saat pulang kerumah menghitung hasil yang di dapatinya.

Pedagang di Pasar Girian yang merasa di rugikan dengan Beredarnya uang palsu

“Kejadian kemarin hari minggu. Saya tidak mengetahui siapa pemilik uang palsu tersebut, karena saat diketahui, uang palsu tersebut saat menghitung hasil uang hasil jualan dirumah,” jelasnya, Senin (6/12/2021).

 Diakui oleh sejumlah pedagang jika uang palsu itu bukan hanya pada uang 50 ribuan namun juga didapati uang seratus ribuan.

“Uang palsu ini lebih tebal dan kasar jika dibandingkan dengan uang asli. Tidak ada jauh berbeda, karena ketebalan dan rata uangnya hampir sama. Akan tetapi, kalau kena air uang cepat pudar,” tutur Oma Marice Aronde penjual ikan mentah di pasar girian.

Pedagang di Pasar Girian yang merasa di rugikan dengan Beredarnya uang palsu

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Moh Fadly SIK ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Disampaikan dia bahwa saat ini pihaknya telah mendapatkan informasi terkait uang palsu yang beredar di Pasar Girian,”Sudah ada informasi terkait uang palsu beredar di pasar girian, dan sejauh ini masih kita lakukan penyelidikan,” tukasnya. (MM)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: