129 Koperasi Bitung Dibubarkan Negara

BitungMB—Sebanyak 129 Koperasi di Kota Bitung oleh dinas Koperasi sudah dilakukan verifikasi dan oleh kementerian Koperasi sudah dilakukan penghapusan terhadap koperasi tersebut.

Diapun menjelaskan jika keberhasilan pemkot Bitung menghapus 129 Koperasi ini menjadikan pemkot Bitung sebagai tempat study banding dari kabupaten dan Kota di Sulut. “Bitung adalah satu-satunya pemerintah di Sulut yang berhasil menghapus koperasi yang tidak aktif dan ini sudah ada beberapa kabupaten dan kota sering belajar di Bitung soal penghapusan aset ini,” jelas Tumbelaka seraya menambahkan jika ke 129 Koperasi yang dibubarkan tersebut sudah mempunyai SK penghapusan Koperasi dari kementerian Koperasi.

“Ke 129 Koperasi tersebut sudah diumumkan pada berita Negara RI no 25 tanggal 25 Maret 2021 yang lalu,” ungkapnya.

Malahan dari keterangan Kepala dinas Koperasi dan UMKM Kota Bitung jika kota Bitung saat ini masih tersisa 340 Koperasi

“Untuk Koperasi di Bitung ada 340 dengan perincian 304 Koperasi aktif dan 36 Koperasi di Bitung saat ini berstatus tidak aktif,”katanya.

Namun dirinya kembali menyebutkan kalau ditahun 2020 hanya ada 53 Koperasi yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan yang menjadi syarat setiap Koperasi.

“Jika hanya 53 Koperasi yang melaksanakan RAT dengan demikian sisanya masih dipertanyakan, Apakah sehat atau tidak itu tentu perlu diklarifikasi,” katanya lagi.(mm)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: