Dekranasda Bitung Tingkatkan Kapasitas di Gorontalo

BitungMB—Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan PKK Kota Bitung mengunjungi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Gorontalo, Kamis (9/12/2021).

Rombongan dari Kota Bitung dipimpin ketuanya Rita Mantiri-Tangkudung ini untuk melakukan studi komparasi produk unggulan gula aren yang dibina oleh Dinas LHK.

“Studi komparasi ini dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas dan wawasan Kader PKK Kota Bitung maka kami memilih Provinsi Gorontalo menjadi lokasi studi tiru yakni terkait produk unggulan dan kerajinan yang menjadi alternatif upaya peningkatan pendapatan keluarga,” kata Rita Mantiri-Tangkudung.

Kunjungan ini dilakukan di rumah pengemasan gula aren Koperasi Produksi Wana Lestari Jaya yang menjadi binaan UPTD KPH Wilayah VI Gorontalo. Di rumah kemasan ini para tamu menerima penjelasan dari petugas KPH VI mulai proses awal produksi hingga pemasarannya.

Gula aren merupakan produk unggulan yang selama ini menjadi bagian hidup petani hutan. Mereka memanfaatkan hasil hutan bukan kayu dengan menyadap air nira pohon aren yang banyak tumbuh di dalam maupun sekitar hutan.

Kemampuan mengolah gula aren para petani ini mendapat pendampingan dari KPH VI Gorontalo, bahkan hingga pemasarannya.

“Kami belajar banyak dari kunjungan ini, produk unggulan memang mendapat dukungan dan binaan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, sehingga mampu berkembang dan memberi manfaat ekonomi bagi banyak orang,” ujar Rita Mantiri-Tangkudung.

Untuk memperoleh informasi yang lebih rinci, rombongan Dekranasda dan PKK Kota Bitung ini bahkan mengunjungi dua instansi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Dinas Koperasi Perindustrian UKM Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Gorontalo.

Diharapkan dari kunjungan studi tiru ini Dekranasda dan PKK Kota Bitung mampu menguatkan perannya untuk mendorong peningkatan produktifitas dan kesejahteraan para pelaku usaha skala rumah tangga.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bitung melakukan kunjungan kerja ke Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo, Kamis (9/12/2021).

Kunjungan ini merupakan studi tiru Dekranasda Kota Bitung di Gorontalo terkait produk unggulan dan kerajinan yang menjadi alternatif peningkatan pendapatan keluarga. Rombongan dari Kota Bitung ini diterima oleh Kepala Dinas Kumperindag Risjon Sunge.

Kepada tamunya, Risjon Sunge menjelaskan peran Dekranasda dan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam memajukan produk unggulan daerah selama pandemi.

“Tahun 2020 memberikan bantuan bahan kepada 20 IKM koveksi berupa kain dan benang untuk pembuatan masker kain, dan hasilnya dibagikan kepada masyarakat secara gratis, ini untuk menghindari penyebaran Covid-19,” kata Risjon Sunge.

Selain itu juga memediasi kerja sama dengan dinas/lembaga/intansi lainnya untu melibatkan para perajin karawo yang terdampak Covid dalam pembuatan masker kain dan masker karawo, dan IKM juga membuat produk handsanitizer, pendampingan kepada IKM fashion dan memberikan bantuan mesin jahit dan bahan baku kepada para perajin,  melakukan MOU dan kerjasama dengan Bank Indonesia untuk pengembangan industri kerajinan, baik pembinaan pengembangan dan pemasaran melalui media online dan keikutsertaan dalam promosi berupa fashion show, luar daerah termasuk ke luar negeri seperti di Turki.

“Kami bekerjasama dengan Bank Indonesia mengadakan berbagai kegiatan seperti kurasi produk dan Festival Hulonthalo Art And Craft yang melibatkan perajin binaan Dekranasda Provinsi Gorontalo dengan menampilkan produk kerajinan local,” tutur Risjon Sunge.

Festival ini digelar untuk mendukung sektor ekonomi kreatif serta pemulihan ekonomi nasional. Dekranasda juga bekerjasama dengan dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo mengadakan pelatihan pengirisan dan pembuatan motif desain karawo di kabupaten/kota setiap tahunnya dengan tujuannya untuk meningkatkan keterampilan desain motif karawo agar lebih variatif dan kekinian.

Salah satu yang tidak bisa ditinggalkan adalah melakukan regenerasi pengiris dan perajin karawo kepada generasi muda.

Dinas Kumperindag juga melakukan program pengembangan wirausaha industri kerajinan dengan menstimulus kelompok perajin karawo kabupaten/kota, dengan memberikan stimulasi bantuan kepada setiap IKM berupa bantuan pembuatan/renovasi bangunan tempat usaha, peralatan dan bahan/material penunjang usaha, pemasangan listrik dan pembentukan badan hukum usaha.

Produk kerajinan juga mengisi sarana yang telah disiapkan pemerintah di antaranya di Smesco Jakarta, galeri di Kantor Perwakilan Gorontalo di Makassar, dan Bandara Gorontalo, di Mall maupun di outlet yang menyediakan oleh-oleh.

“Pemerintah daerah membuat kebijakan kepada semua aparatur dan siswa di sekolah untuk menggunaan hasil kerajinan karawo pada 1 hari kerja setiap pekannya, pada peringatan hari-hari besar dan menghimbau penggunaan karawo atau hasil kerajinan khas pada setiap kunjungan kerja keluar daerah,” jelas Risjon Sunge.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: