Waspada Bencana Kini Tiap Kelurahan Punya Tim Siaga Bencana

BitungMB—Siklon Tropis serta Fenomena Lanina yang terjadi diakhir tahun 2021 hingga Awal tahun 2022 yang memicu Hujan dan Angin keras membuat Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Ir Hengky Honandar mengeluarkan istruksi kepada semua kelurahan untuk membentuk tim siaga bencana kelurahan yang bertugas menjadi garda terdepan terhadap antisipasi terjadinya bencana maupun Bencana.

Hal ini diungkapkan oleh assisten 1 Pemkot Bitung,  Drs Julius Ondang msi kepada wartawan beberapa waktu lalu. ‘Pak Walikota dan Wakil telah memerintahkan kepada semua lurah di Kota Bitung agar dapat membentuk Tim Siaga bencana di Kelurahan. “Pimpinan telah menugaskan kami untuk membentuk tim siaga bencana yang tugasnya menjadi orang yang pertama berada di lokasi bencana di kelurahannya masing-masing dan melaporkan, mengevakuasi serta tindakan siap tanggap awal sebelum Badan penanggulangan bencana Datang,” ungkap Ondang.

Bukan hanya itu, tim siaga bencana keluarahan ini wajib melakukan monitoring dimana tempat-tempat yang berpotensi bencana untuk melakukan penyampaian kepada masyarakat ataupun mengantisipasi akan potensi bencana yang terjadi. “Tim siaga bencana harus melakukan pantauan di wilayahnya dimana ada pohon kering yang berpotensi tumbang dan merugikan masyarakat. Pohon kering dan besar itu harus di potong oleh warga sendiri jika peralatan memungkinkan, jika tidak silahkan menghubungi dinas terkait,” jelasnya seraya mengatakan kalau tindakan penyelamatan harus dilakukan dari kelurahan sendiri.

Ondang sendiri merinci jika tim Siaga bencana kelurahan paling sedikit beranggotakan 6 orang dan terbanyak tergantung dari kebutuhan di kelurahan. “Tim ini terdiri dari para THL sampai dengan para Pala dan RT, dengan harapan personin tersebut paling lambat berada di lokasi bencana 3 Menit setelah bencana terjadi dan mengambil langkah-langkah penyelamatan, evakuasi sampai dengan mengatur lalu lintas,” kata Ondang.

Sementara itu Kapala pelaksana Harian Badan penanggulangan bencana daerah Kota Bitung Fifi kadeke saat dikonfirmasi mengatakan jika semua kelurahan sudah memasukan tim siaga bencana kelurahan. “Semua sudah terbentuk di 69 kelurahan di kota Bitung, semoga bisa bekerja sesuai dengan panduan yang ada untuk meminimalisir terjadinya bencana di Bitung,” kata Kadeke.(ep)   

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: