Papan Tulis Digital, Inovasi Baru Mantiri di 2022

BitungMB—Menunjang kemajuan dunia pendidikan di Kota Bitung serta mempermudah Guru berinteraksi dengan siswa sekaligus mendukung program Digital City, Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri mendatangkan Ahli Papan Tulis Digital untuk dapat mempresentasikan keberhasilan teknologi dibidang pendidikan dan Sosialisasi khususnya Papan Tulis.

Presentasi produk Anyboard yang dilaksanakan di Rumah dinas Rabu (22/12) Siang kemarin ini diikuti oleh Walikota, Sejumlah Kepala sekolah SMA dan SMK, Sekretaris, Kepala Bidang dan Seksi di dinas Pendidikan serta sejumlah protokoler di jajaran Pemkot Bitung.

Kecanggihan papan tulis generasi terakhir ini menunjukan ribuan kegunaan untuk mengajar di kelas ataupun sosialisasi, diantaranya  mampu menyelengarakan Pembelajaran dalam jaringan maupun Hybird, Materi ajar yang diberikan guru dalam kelas mampu disimpan dalam file khusus, data base buku Pelajaran siswa maupun modul guru dapat diakses tanpa konektivitas internet untuk semua mata pelajaran di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, dilengkapi dengan kamus Bahasa Inggris dan Indonesia, perpustakaan digital hingga 1202 buku, serta Laboratorium Fisika dan biologi dalam bentuk digital.

“Ini inovasi yang sangat bagus untuk siswa dan Guru di Kota Bitung dimana ada ribuan mata pelajaran berbasis kurkulum di Indonesia ada disini tanpa memerlukan internet, adanya laboraturim digital dengan animasi yang menarik dan interaktif yang mampu menghindari kecelakaan siswa dalam praktek,” ungkap Mantiri.

Tak hanya itu, dirinya sudah mencoba papan tulis digital tersebut dan hasilnya mudah dimengerti siswa dan guru. “Malahan guru bisa masuk kelas tanpa buku panduan, modul ataupun alat peraga karena semuanya sudah tersimpan dalam aplikasi papan tulis itu,” jelasnya seraya menambahkan jika guru tak perlu menghabiskan waktu dengan persiapan mengajar sehingga benar-benar waktu pertemuan antara murid dan guru lebih panjang.

Dia juga menjelaskan jika beragan permainan ataupun alat peraga pelajaran yang akan membuat siswa dengan cepat mengerti dapat dipilih agar siswa tidak bosan ketika belajar.

“Malahan dipapan tulis ini guru bisa membuat berbagai analisa data-data penting yang akan membantu sekolah mengevaluasi pembelajaran Performa akademik  serta kebutuhan siswa hingga mengidentifikasi kurva pembelajaran,” kata Mantiri bangga.

Intinya dilanjutkan Mantiri ada proses pembelajaran yang baru untuk generasi sekolah Bitung ditahun 2022 nanti meski untuk tahun itu belum semua kelas akan mengunakan papan tulis ini setidaknya pembenahan sedikit demi sedikit akan dilakukan. “Kita tidak lagi berkutat dengan White Board, Spidol sampai penghapus yang kadang kala penghapusnya dilempar guru kepada murid, karena papan tulis ini semua sudah ada hanya dengan tangan saja memilih aplikasi dalam papan tulis seperti kita mencari aplikasi dalam handpone ” jelasnya.

Walikota pilihan rakyat tahun 2020 inipun menjelaskan jika ditahun 2022 pemerintah kota Bitung sudah memesan awal sebanyak 10 unit papan tulis yang akan dibagikan kepada sekolah-sekolah yang berprestasi . “Saat ini sudah ada 2 unit, tahun depan kami sudah memesan 10 unit. Semua dilakukan secara bertahap meski satu sekolah mendapat 1 papan tulis dengan sistim moving kelas dan soal pendanaan  akan ditata sesuai pengunaan dalam APBD pemkot,” jelasnya lagi.

Diapun meminta kepada pihak dinas pendidikan dapat melakukan kajian khusus bagi sekolah-sekolah besar kiranya dapat melakukan pengadaan papan tulis ini. “Untuk sekolah sekolah besar siapa tau bisa membeli sendiri dengan mengunakan dana Bos,  jangan melakukan pungutan. silahkan dikaji oleh pihak dinas. Tapi jika tidak bisa pemerintah akan berupaya melakukan pengadaan ini meski baru terbatas,” ungkapnya.(ep)

Klik disini selengkapnya melihat papan tulis digital

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: