Honandar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin di Mapolres

BitungMB—Jajaran Polres Kota Bitung Kamis (23/12/2021) menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan secara intensif menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 melalui Operasi Lilin 2021 di Markas Besar Kepolisian Resort Bitung.

Hebatnya pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin yang dilaksanakan secara serentak yang di mulai dari tingkat Mabes hingga kesatuan kewilayaan Kepolisian di Indonesia ini. Untuk di Kota Bitung, tampil sebagai Pembina Apel adalah Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar SE.

Pada sambutan Wakil Walikota Bitung yang membacakan sambutan dari Bapak Kapolri Jendra Drs Listyo Sigit Prabowo M.SI menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin 2021, dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Baru tahun 2022 baik pada aspek personal, maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kambtibmas lainnya.

Berikut ini beberapa penekanan di operasi lilin tahun 2021.

Pertama- Siapkan mental dan fisik serta jaga Kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua- Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai Langkah antisipatif sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ketiga- Tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi terror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Keempat- Laksanakan penegakan hukum secara professional dan humanis berikan pelayanan terbaik lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

Kelima- Laksanakan penugasan hukum secara professional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kambtibmas.

Keenam- Mantapkan kerjasasama sinergi dan solidaritas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Ketujuh- Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga rekan dan masyarakat dalam menerapkan protocol Kesehatan mencegah penyebaran covid-19 yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Pada operasi lilin ini, pihak Polri akan melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan mempersiapkan personil 83.917 personel Polri, 15.824 personil TNI serta 55.086 personil intsnsi terkait lainya.

Personil tersebut akan ditempatkan di 1.607 pos pengamanan terkait gangguan kambtibmas dan kamseltibcar lantas dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian pusat kota, station, terminal, bandara, Pelabuhan dan lain-lain. Tertanda Kapolri Jendral Drs Listyo Sigit Prabowo M.SI.

Selain itu, atas nama Bapak Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM sangat mendukung penuh akan Operasi Lilin di Kota Bitung ini, untuk mencegah secara dini akan aksi gangguan keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Kota Bitung yang tercinta di moment Natal dan Tahun Baru 2022.

Hadir pada Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Kantor Mapolres Bitung yaitu Kapolres AKBP Alam Kusuma S. Irawan SIK SH MH, Dandim 1310 Bitung Let Kol Inf Benny Lesmana SH dan jajaranya, Pimpinan Polisi Militer Bitung dan Kadis Perhubungan serta jajaran pimpinan di Polres Bitung seperti beberapa Kasat dan Kapolsek.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: