Kota Cerdas Bitung Direstui Pusat

BitungMB—Kerja Keras Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar menjadikan Bitung sebagai Kota Cerdas atau smart city akhirnya disetujui pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang mengeluarkan surat menyatakan Kota Bitung masuk sebagai salah satu kota di Indonesia dalam Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (smart city).

Masuknya Kota Bitung dalam program smart city dibenarkan Juru Bicara Pemkot Bitung, Albert Sergius Pelenkahu.

Menurut Albert, ada 50 Kabupaten/kota yang masuk dalam program itu dan Kota Bitung adalah salah satu kota sesuai hasil assessment yang dilakukan Kemenkominfo tanggal 1-5 November 2021 lalu.

“Pengumuman itu disampaikan Kemenkominfo lewat surat Nomor: B-003/DJAI/AI.01.04/01/2022 tanggal 3 Januari 2022 dan sudah diteruskan ke Walikota dan Wakil Walikota,” kata Albert, Kamis (06/01).

Albert menjelaskan, masuknya Kota Bitung dalam program smart city bukanlah perkara mudah, karena dari 88 Kabupaten/Kota yang mengikuti assessment, hanya 50 kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan lolos.

“Selanjutnya, Kemenkominfo meminta menyusun masterplan smart city untuk selanjutnya dilakukan Nota Kesepakatan Bersama antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo dengan Pemkot Bitung,” katanya.

Dirinya juga berharap dukungan semua pihak hingga awal tahun 2022, Kota Bitung masuk program smart city Kemenkominfo.

“Ini hasil kerja gotong royong yang berbuah manis untuk kota, rumah kita bersama,” katanya.

Sergius sendiri mengutarakan jika pengusulan ini dilakukan dijaman kepala dinas Kominfo sebelumnya Rudy Tenokh. “Ini adalah cendera mata dari kadis Kominfo lama yang di tugaskan oleh Walikota dan Wakil Walikota untuk meyakinkan pemerintah pusat akan kesiapan Bitung menjadi kota Digital dengan program Smart citynya,” tutupnya.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: