Kadis Pendidikan Minta Kepsek Pajang Foto Mantan

BitungMB—Jangan sekali-kali melupakan sejarah yang menjadi jargon dari Presiden RI Pertama Soekarno, rupanya diadopsi oleh pimpinan kota Bitung guna menghormati para pendahulu di semua Instansi Pemkot Bitung.

Keinginan MMHH untuk menghormati para pimpinan terdahulu di setiap instansi Kota Bitung, langsung diterjemahkan oleh beberapa Instansi di Pemkot Bitung termasuk dinas Pendidikan Kota Bitung.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung Eugenie Mantiri saat dikonfirmasi menjelaskan jika dirinya sudah mengisntruksikan kepada semua kepala sekolah dijajaran  SD dan SMP serta SMA untuk dapat mengikuti petunjuk Walikota dan Wakil Walikota. “Saya sudah mengistruksikan kepada semua kepala Sekolah agar dapat memajang Foto dari para kepala sekolah pendahulunya dan dipajang di ruangan yang bisa dilihat oleh siswa dan orang tua siswa,” jelas kepala dinas yang sering disapa dengan nama Nona ini.

Dirinya mengakui jika ada banyak sekolah yang belum memajang foto-foto dari para Mantan kepala sekolah di instansi yang dipimpinya itu. “Kalaupun ada hanya ada beberapa sekolah dan saya sudah melihat di SMP negeri 2,” ungkapnya.

Dia sendiri mengakui jika kebijakan Walikota dan Wakil Walikota Bitung tersebut sudah sangat tepat untuk pelajaran karakter siswa dan para guru muda. “Dengan begitu siswa akan bertanya dan memberikan kesan hormat kepada para pendahulu ataupun keluarga mantan kepala sekolah yang pernah bertugas. Sekaligus mencari tau asal usul dari pimpinan terhadulu,” jelas Mantiri senior itu.

Ditambahkannya, sering dijumpai ada sebagian siswa yang tidak perduli lagi dengan para pendahulunya. “Bahkan rasa hormat ketika bertemu dijalan seperti cuek padahal itu orang tua yang punya andil terhadap tempatnya bersekolah. Sehingga dengan begini melatih siswa untuk selalu menghormati orang yang lebih tua darinya,” ungkap mantan kepala dinas Perpustakaan ini.

Dirinya malah memberikan batas waktu kepada sekolah-sekolah tersebut agar pekan depan semua sekolah sudah memajang foto para mantan Kepala Sekolah. “Saya pikir semua mantan kepala sekolah jejaknya masih ada dan fotonya masih ada, jika sudah tidak ditemukan foto aslinya silahkan dalam bentuk nama dan periodesasinya,” tutup mantan Kepala bidang pendidikan dasar dinas pendidikan dan kebudayaan dijaman Walikota Sondakh ini.

Hal yang sama rupanya sudah dilakukan oleh bagian umum Pemkot Bitung yang merawat dan mempercantik gedung utama kompleks kantor walikota. Kabag umum Pemkot Bitung Theo Rorong saat dikonfirmasi mengatakan jika foto-foto para mantan walikota tersebut pertama berada di ruangan Walikota. “Namun oleh pak Walikota disuruh dipajang pada etalase atau ruang masuk pertama kantor walikota agar siapapun yang berkunjung tau siapa saja yang pernah memimpin kota ini,” jelasnya meniru permintaan walikota pada dirinya.(hms)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: