Inspektorat Berhasil Ungkap Indikasi Pungli di Disdukcapil

BitungMB—Geramnya Walikota Bitung akan upaya-upaya pungutan liar yang terjadi di Kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Bitung akhirnya membuahkan hasil setelah pihak Inspektorat melakukan penyelidikan di instansi tersebut atas perintah dari Walikota Bitung.

Setelah pemeriksaan yang dilakukan selama 6 jam kepada seluruh Staf kantor yang berhubungan dengan pembuatan KTP tersebut, pihak Inspektorat telah menyimpulkan jika  jika dugaan kuat Pungutan Liar tersebut benar dengan oknum orang dalam dinas tersebut sebagai perantara calo.

Hal ini diungkapkan oleh kepala Inspektorat Bitung, Inspektur Yoke Senduk.

“Kami telah menyimpulkan kuat dugaan indikasi tersebut benar dengan oknum staf di kantor tersebut telah bekerja sama dengan calo, guna memuluskan pembuatan adiministrasi kependudukan,” jelas Senduk.

Diapun sudah mengantongi rekomendasi dari pihaknya untuk disampaikan kepada Walikota Bitung pihak Kepegawaian. “Besok kami akan mengirimkan rekomendasi kepada pihak kepegawaian dengan tembusan Walikota Bitung guna digunakan sebagai bahan pertimbangan penempatan jabatan terhadap oknum pegawai yang mencoreng pelayanan pemkot Bitung,” Kata Senduk lagi.

Diapun mengatakan dari sejumlah pemeriksaan yang dilakukan kepada semua Staf dikantor Capilduk tersebut ada 3 sampai 4 oknum yang diduga melakukan dukungan terhadap upaya percaloan ini. “Tapi kami masih terus mendalaminya,”ungkapnya.

Dari keterangan sejumlah sumber yang berperan sebagai calo adalah oknum M alias Lifa warga kelurahan Girian Weru.

Kasus ini terkuak ketika Walikota Bitung Maurits Mantiri mendapatkan laporan dari warga jika dalam pembuatan administrasi kependudukan itu, ada permintaan uang sebesar 1 juta rupiah kepada warga seperti yang viral di beberapa media social.

Sayangnya Kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Efraim Lomboan saat akan di Konfirmasi enggan mengangkat Telepon Wartawan.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: