Hadang Calo, MMHH Fungsikan Meskin Cetak KTP

BitungMB—Belajar dari pengalaman beberapa waktu untuk pengurusan Administrasi Kependudukan kini Pemkot Bitung dengan mengandeng Bank SulutGo menyiapkan alat percetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP)  

Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar resmi mengoperasikan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), Jumat (21/01).

Mesin ADM itu dilaunching Wali Kota Bitung di Kelurahan Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan dihadiri Kepala Dukcapil Provinsi Sulut, Lynda Watania, Kepala Dukcapil Pemkot Bitung, Efrainhard Lomboan dan Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Tangkudung Mantiri.

Dalam laporannya, Efrainhard menyampaikan ada tiga unit ADM yang saat ini dimiliki Dukcapil dan resmi dioperasikan setelah dilaunching Wali Kota, salah satunya di Kelurahan Papusungan.

Efrainhard mengatakan, tiga unit ADM itu adalah CSR dari Bank SulutGo dalam rangka membantu Pemkot Bitung dalam melayani administrasi kependudukan.

Adapun fungsi mesin ADM, kata dia, untuk mencetak semua jenis dokumen kependudukan, mulai dari KTP Elektronik, KK, KIA (Kartu Identitas Anak) dan akta-akta seperti akta kematian, perceraian, penikahan serta kelahiran.

Wali Kota dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi ke jajaran Bank SulutGo yang telah menyumbangkan tiga unit ADM untuk membantu Dukcapil dalam melayani pengurusan administrasi kependudukan.

Melalui tiga unit ADM itu, Wali Kota berharap Dukcapil Pemkot Bitung mampu keluar dari stigma praktek pungutan liar (Pungli) sehingga pengoperasiannya harus betul-betul disosialisasikan ke masyarakat.

“Stigma Pungli harus hilang dari pelayanan masyarakat. Jangan beri ruang terhadap praktek-praktek Pungli, apalagi calo,” kata Maurits.

Selain lewat mesin ADM, lanjut Maurits, stigma Pungli bisa dihilangkan dengan cara melayani dengan cinta kasih.

Karena tanpa dasar cinta melayani, kata dia, maka praktek-praktek Pungli dan percaloan akan menjadi “dosa” turun menurun di sektor pelayanan.

“Untuk itu, bagi kita yang bekerja sebagai pelayanan masyarakat, mari kerjakan pelayanan itu dengan cinta. Tulus bekerja karena kita semua dibayar negara untuk melayani masyarakat,” katanya.

Hadir juga dalam launching itu sejumlah pejabat Bank SulutGo, Camat Lembeh Selatan, Nofrit Menalang, Plt Camat Lembeh Selatan, Jemmy Wungi, Staf Khusus dan TP3 Sepakat.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: