Honandar Minta Lestarikan Budaya di Tulude Batuputih

BitungMB- Pemerintah Kota Bitung dibawah pimpinan Wali Kota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar SE, sangat menghargai akan pelestarian Budaya yang salah satunya menghormati kebudayaan warga Nusa Utara dan Sangihe Talaud yaitu Tulude.

Setelah menggelar secara akbar Upacara Tulude di wilayah River Side Manembo-nembo. Kali ini Pemkot Bitung melalui Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar SE untuk menghadiri Upacara Adat Tulude di wilayah Kelurahan Batu Putih Atas pada Kamis (03/02/2022).

Kedatangan Wakil Wali Kota tidak sendiri melainkan ditemani oleh Istri tercinta Ny Ellen Honandar-Sondakh SE.

Disana, Hengky Honandar dan Ellen Sondakh disambut oleh Camat Andre Rantung dan Lurah Batu Putih Atas serta Bawah dan jajaran Tokoh-Tokoh Adat serta mengukuti upacara Adat yang berjalan khusyuk aman dan lancar.

Pada acara puncak yaitu pemotongan kue tamo, Hengky Honandar sangat serius dan kagum akan agenda puncak pada upacara Tulude tersebut.

Terbukti saat sambutanya, Hengky Honandar mengapresiasi akan semangat para Tokoh-Tokoh Adat yang sangat menjaga kelestarian budaya Tulude ini.

“Tulude adalah merupakan acara sakral untuk mengsyukuri atas segala berkat terhadap Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Mahakuasa). Untuk itu hal ini harus terus dipertahankan sebagai budaya yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya,” kata Hengky.

Hengky juga menambahkan bahwa dengan adanya Upacara Tulude ini, dapat juga menjadi magnet Pariwisata. Buktinya pada pelaksanaan Tulude di River Side pihak Kementrian Pariwisata hadir memantau langsung prosesi Upacara Adat Tulude ini,” jelas Hengky.

Terpantau pada pagelaran upacara Adat Tulude di Batu Putih Atas berjalan aman dan lancar. Puluhan warga pun sangat antusias menyaksikan budaya tahunan tersebut.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: