Wawali Pimpin Harkitnas Bitung

Wakil Walikota hengky Honandar memimpin apel Korpri sekaligus peringati hari kebangkitan nasional ke 114 bertempat di lapangan kantor walikota pada Jumat (20/05)

Dalam arahan wakil walikota membacakan pidato mentri komunikasi dan informatika.
Tahun ini, kita memperingati hari kebangkitan nasional yang ke 114. Pada tahun ini “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan hari kebangkitan nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Peringatan hari kebangkitan nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai serimonial saja. Guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan hari kebangkitan nasional

Pada tangal 20 mei 1948, presiden seokarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari kebangkitan nasionalisme indonesia.

Dimasa itu terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa sehingga semangat persatuan yang di gagas oleh Boedi Oetomo di harapkan menjadi spirit dalam menghimpun dan mencegah perpecahan bangsa.

Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa skehidupan

Di tengah krisis pandemi covid-19 dan konfilk Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Pada sisi penengan covid-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menujukan hasil yang positif ditunjukan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan totol kasus aktif yang suda beradahdi bawah angka 5.000 kasus. Selain itu capaian vaksinasi covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan.
Penangan covid-19 yang memabaik berimplikasiakan pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional.

Hadir dalam kegiatan. Forkopimda,kepala dinas, kaban, para camat serta seluruh ASN di lingkungan kantor walikota. (ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: