Kampung Ramadhan Kakenturan di Back Up Karang Taruna

BitungMB-Kampung Ramadhan, yang digagas oleh Pemuda Remaja Mesjid Jam’ Darul Ulum Kelurahan Kakenturan I, Kecamatan Maesa Kota Bitung kembali hadiri di momen bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Selasa (12/4/2022).

Pembukaan Kampung Ramadhan, oleh Ketua Karang Tararuna Kota Bitung Geraldi Mantiri SE dan disaksikan panitia pelaksana Semarak Ramadhan Pemuda Remaja Mesjid Jam’Darul Ulum, sekretaris KNPI Kota Bitung Wahyu Ponigoro, pemerintah Kecamatan Maesa dan Kelurahan Kakenturan I.

Pengurus BTM mesjid Jam’ Darul Ulum, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pengurus Karang Taruna Kota Bitung serta pemuda remaja mesjid.

Geraldi Mantiri, memberi apresiasi kepada pemuda remaja Mesjid Jam’ Darul Ulum melalui panitia Semarak Ramadhan di tengah pelaksanaan bulan puasa.

“Kampung Ramadhan ini ada wadah kegiatan-kegiatan jemaah, selama bulan Suci Ramadhan. Dan patut di apresiasi karena terus ada dan tahun ke tahun,” kata Geraldi Mantiri.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kots Bitung ini menambahkan, dengan adanya kampung Ramadhan ini secara tidak langsung pemuda remaja mesjid membantu pemulihan perekonomian Jemaah di tengah Pandemi Covid 19.

Dia mencontohkan, di Kampung Ramadhan ini ada stand atau tempat-tempat kuliner yang disiapkan oleh Jemaah dan pelaku UMKM dan dibeli oleh masyarakat.

Hal ini sangat sinkron dan tepat, dijika dikaitkan dengan upaya Walikota dan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri – Hengky Honandar untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat melalui UMKM.

“Salah satu upaya menumbuhkan ekonomi itu saling menopang. Dengan cara membeli barang yang ditawarkan UMKM,” tandasnya.

Ketua Panitia Semarak Ramadhan Pemuda Remaja Mesjid Jam’ Darul Ulum Kakenturan I Rizky Ishak menambahkan, pasca dibuka secara resmi oleh Ketua Karang Taruna Kota Bitung Geraldi Mantiri akan menggelar sejumlah kegiatan.

Diantaranya lomba busana muslim, hafalan surat Qur’an, regilis solo atau menyanyi lagu muslim.

Kemudian lomba adzan, live musik dan kegiatan lainnya.

“Kami juga menyiapkan stens kuliner serta live music untuk menghibur penggunjung, yang menanti waktu berbuka, bukber (buka puasa bersama), ngabuburit dan lainnya,” kata Rizky Ishak.

Kampung Ramadhan di Kelurahan Kakenturan I, sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh pemuda remaja mesjid setiap bulan suci ramadhan akan berlangsung hingga H-2 Hari Raya Idul Fitri.

Pembukaan Kampung Ramadhan, ada Tauziah dari Pembina BTM Mesjid Jam’ Darul Ulum Kelurahan Kakenturan I Kecamatan Maesa Kota Bitung, DR Arianto Kadi dan buka puasa bersama.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: