Alat Uji Kendaraan Pemkot Seberat 150 kg Dicuri

Foto : Ditempat inilah barang tersebut berada sebelum dicuri

BitungMB – Alat Pengujian Kendaraan Berkala (KIR) milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bitung dikabarkan hilang di Terminal Tangkoko Bitung.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolsek Matuari, AKP M Aswar Nur saat dihubungi media ini, Senin (29/08/2022) sore.

“Iya betul pak. Dilaporkan sejak Minggu, 28 Agustus 2022 kemarin,” ujar Kapolsek.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Bitung Ricy Tinangon saat dikonfirmasi tidak menampik soal raibnya alat KIR tersebut.

Ricy juga menyatakan, pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) bertanggung jawab penuh atas kasus kehilangan alat itu.

“Sebenarnya yang hilang alat KIR lama dan sudah rusak berat. Pihak BPTD yang bertanggung jawab dan mereka (red_BPTD) telah berkoordinasi akan menemukannya dalam waktu dua Minggu ini,” tutur Ricy.

Mantan Camat Girian ini juga menegaskan, peralatan di bangunan KIR itu merupakan peralatan lama.

“Di Terminal Tangkoko rata peralatan lama dan sudah rusak berat,” jelasnya.

Meski begitu, dari informasi yang berhasil dirangkum media ini, alat KIR itu seharga Rp 500 juta dan sejak dibeli belum pernah digunakan, malah masih tersimpan dalam Dus. “Alat Tes Suspensi yang hilang itu masih dalam Dus, sejak dibeli. Dan jika alat itu rusak pasti tak akan dicuri,” ungkap sumber yang enggan namanya dikorankan ini. Diapun menjelaskan kalau ada Genset yang digunkan pada alat timbang sudab raib. “Tak hanya itu dinamo stater yang menempel dalam mesin induk turut di preteli dan diambil,” ungkapnya lagi. Diapun mencurigai jika ada berbagai pihak yang mengetahui pencurian ini, karena berat barang tersebut sekitar 150 Kg.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: