27 Hukum Tua versi SK Pjs Onibala, Diaktifkan Gubernur

AmurangMB—Perseteruan antara Bupati Minsel Christiany E Paruntu dan Pjs Bupati Minsel M Onibala akan Surat Keputusan penetapan 27 Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Selatan akhirnya diambil alih oleh gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sebanyak 27 Hukum Tua (Kumtua) yang dibatalkan Bupati Minsel Christiany E Paruntu, bisa bekerja kembali. Setidaknya Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam surat yang diterbitkan dengan tujuan surat bupati Minsel Christiany E Paruntu (CEP) sangat tegas dan jelas, menyatakan SK Pjs Bupati Minsel M Onibala yang mengangkat 27 Hukum Tua di Minsel adalah sah.

Dibatalkannya SK CEP dan diminta diberlakukannya SK Pjs Bupati Minsel M Onibala menunjukkan jika SK Onibala Manjur dalam pemerintahannya selama 71 hari berada di Minsel.

Surat yang dikeluarkan gubernur pada 25 Desember 2020 menegaskan, supaya Bupati Minsel Christiany Paruntu mengembalikan jabatan 27 Kumtua yang dinonaktifkan.

“Bahwa berdasarkan surat keputusan Bipati Minahasa Selatan Nomor:452 tahun 2020 tanggal 7 Desember 2020, saudara telah membatalkan surat keputusan Pjs Bupati Minahasa Selatan Tanggal 12 Oktober Tahun 2020,” begitu isi point’ pertama surat orang nomor satu di Sulut ini.

Dalam point’ selanjutnya Gubernur Dondokambey membeberkan landasan-landasan hukum yang mempertegas akan putusan yang diambil Olly pada poin dua sampai poin lima.

Dan pada poin ke enam, Olly dengan tegas menyatakan, pengangkatan 27 Hukum Tua di Kabupaten Minsel oleh Pjs Bupati Minsel adalah sah sesuai dengan perundang-undangan dan telah melalui klarifikasi dan verifikasi oleh  Direktorat Jenderal Otonomi Daerah kementrian dalam negeri RI pada tanggal 16 Oktober 2020.

“Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka pembatalan Surat Keputusan Pjs Bupati Minsel berdasarkan surat keputusan bupati Minsel nomor 452 tahun 2020 tanggal 7 Desember 2020 adalah tidak sah karena bertentangan dengan poin’ 2,3,4 dan 5 sebagai mana yang diatur,” tandas lagi Dondokambey dalam suratnya tersebut.

Makanya Olly meminta supaya Bupati Minsel dapat mengembalikan jabatan 27 Kumtua yang dimaksud. “Untuk menjaga kondusifitas serta keamanan daerah dimintakan kepada saudara bupati Minsel untuk dapat mengembalikan 27 Hukum Tua yang diangkat Pjs Bupati Minsel pada jabatan semula,” kunci Olly yang dalam surat tersebut ditandatangani lengkap dengan cap.

Akan hal informasi ini para pendukung FDW-PYR langsung menyambut positif. Bahkan dalam postingan-postingan di media sosial langsung menyebar. (nk)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: