Tomas, Tni/Polri & Pemkab Minsel Sepakat Tak Ada Pesta Kembang Api

Tak ada Pesta kembang api di Minsel menjadi kesepakatan jajaran instansi Polri, TNI/Kodim 1302 Minahasa, Kejaksaan, Pengadilan, Dishub, Dinkes, BPBD dan Sat Pol PP Kabupaten Minsel (foto humas Polres Minsel)

AmurangMB–Meski wilayah Kabupaten Minsel aman, namun menyambut pergantian tahun 2020 ke tahun 2021, baik Pemerintah, TNI, Polri, Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas), terus berharap Minsel tetap aman dan damai.

Pemkab Minsel melalui Wakil Bupati Minsel Franky D Wongkar mengimbau, masyarakat Minsel bisa menyambut tahun baru dengan damai dan sukacita. “Mari kita sambut tahun baru ini dengan aman dan damai,” ajak Wongkar bupati yang baru terpilih ini, kemarin.

Wongkar juga mengimbau, dalam menyambut Tahun Baru ini masyarakat tidak melakukan konvoi, juga tidak melaksanakan pesta kembang api dan acara pisah tahun.

“Bahkan kami mengajak supaya masyarakat tidak berkerumunan yang menimbulkan banyak orang, dan tidak mengadakan acara musik,” tutur Wongkar.

Jika hal ini dilakukan lanjutnya, maka baik pemerintah dan masyarakat sama-sama menjaga dan melakukan pencegahan penyebaran  Covid-19.

“Sekali lagi kami pemerintah daerah mengajak seluruh elemen masyarakat di Minsel sambut tahun baru dengan sukacita dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Salam sehat dan Selamat Tahun Baru,” ajak Wongkar politisi yang dikenal vokal ini.

Sementara itu di tempat terpisah Polres Minsel dan jajaran TNI Kodim 1302 Minahasa bersama instansi terkait lainnya yakni Dinkes, Dishub, Sat Pol PP dan BPBD Minsel, melakukan rapat koordinasi pengamanan malam Tahun Baru. Kegiatan Rakor tersebut dilaksanakan di Polres Minsel, kemarin.

Kapolres yang memimpin langsung agenda Rakor itu menjelaskan, dalam pelaksanaan menyambut Tahun Baru, jajaran Polres Minahasa Selatan, TNI dan institusi terkait lainnya akan mengawal ketat Malam Pergantian Tahun. Apalagi terkait dengan pendisiplinan Protokol Kesehatan.

“Pengamanan ditingkatkan. Dan kami akan menjaga dan mengawal ketat malam pergantian tahun sehubungan dengan Pendisiplinan Protokol Kesehatan,” ujar Kapolres Minsel AKBP S Norman Sitindaon SIK, saat ditemui usai menghadiri kegiatan Rakor Pengamanan Tahun Baru, Rabu siang (30/12). 

Ditegaskan Kapolres,  jajarannya tidak akan menerbitkan izin keramaian Tahun Baru 2021 guna menjamin kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan, Pencegahan Covid-19. “Pawai dan pesta kembang api ini perlu diwaspadai. Secara tegas kita tidak mengizinkan adanya pesta kembang api. Tidak ada izin keramaian. Tujuannya adalah mencegah penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Kapolres juga mengimbau, supaya pada momen malam pergantian tahun baru nanti tidak terdapat lokasi konsentrasi warga atau kerumunan.

“Kami meminta dukungan segenap lapisan masyarakat untuk sama-sama mematuhi Protkol Kesehatan. Lewati malam pergantian tahun dengan kesederhanaan di rumah saja bersama keluarga, jangan ada pesta kembang api, pawai, konvoi, arak-arakan dan sejeninsnya,” harapnya.

Apalagi lanjut Kapolres Sitindaon,

Pengamanan malam pergantian tahun kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana saat ini berada pada masa pandemi Covid-19. “Olehnya, kita harus menyamakan persepsi, konsep serta cara bertindak di lapangan nanti pada pengamanan Malam Tahun Baru,” ujar Kapolres lagi sambil menambahkan himbauan yang disampaikan baik Pemerintah Daerah TNI dan Polri hendaknya dilakukan oleh masyarakat.

Pada Rakor lintas sektoral dalam rangka Pengamanan Malam Pergantian Tahun, tersebut dilaksanakan di Gedung Aula Polres Minahasa Selatan, Rabu  (30/12). Rakor dihadiri oleh jajaran instansi Polri, TNI/Kodim 1302 Minahasa, Kejaksaan, Pengadilan, Dishub, Dinkes, BPBD dan Sat Pol PP Kabupaten Minsel. (fs)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: