Lampaui Target PAD, Mantan Kadispenda Kerja Tanpa Tunjangan

BitungMB—Acungan jempol mungkin bisa diberikan kepada Mantan Plt kepala Dinas Pendapatan Daerah James Tumbel era tahun 2020.

Bagaimana tidak, di era pandemic ini seorang pelaksana tugas yang bekerja tanpa Tunjangan jabatan mampu melampaui target yang diberikan pimpinan kota. Tak tanggung-tanggung pelampauan pendapatan di dinas yang dipimpinnya mencapai 6,87 persen, sehingga dimasa serah terima jabatan terakhinya diakhir Tahun 2020 Tumbel mampu mempertanggungjawabkan pendapatannya sebesar 44.323.838.435 dari target yang dibebankan 41.500.000.000.

Tak hanya itu, rupanya dari tangan pria berumur 58 ini lahir satu inovasi yang disarankan oleh KPK dan kementerian keuangan untuk membuat alat rekam di beberapa potensi pendapatan seperti restoran dan Hotel serta area parkir, meski baru 25 titik dan belum sempat menikmati prestasinya tersebut akibat alat perekam itu baru dipsang pertengahan Desember lalu.

Tumbel yang seharusnya nanti pensiun diumur 60 tahun itu, malahan pada bulan Desember mampu menyetorkan pemasukan sebesar 3.055.702.306 ke kas daerah.

Sontak atas prestasi-pretasinya itu,  Ketua Fraksi PDIP Geraldi Mantiri menyayangkan langkah yang diambil Walikota dan Wakil Walikota Bitung yang tidak segera mendefinitifkan Tumbel.

“Ini asset, bayangkan beliau mampu melampaui target PAD dari dispenda di masa-masa sulit seperti ini, membuat alat perekam agar kita terhindar dari kehilangan PAD. coba beliau sudah didefinitifkan pasti bisa berinovasi lebih banyak lagi hingga batas umur pensiun, namun karena hanya pelaksana tugas maka pensiun di umur 58, ” sesalnya.

Diapun berjanji kedepan, dirinya akan fokus mengkritisi jika ada pejabat yang tidak membuka kesempatan yang lebih besar kepada pegawai-pegawai yang berprestasi. “Saya berdoa semoga ke depan tidak ada lagi kejadian seperti ini, apalagi selama mengemban jabatan kepala dinas beliau tidak menerima tunjangan jabatan dan ini adalah pemberian diri,” katanya  seraya mengucapkan terima kasih kepada James Tumbel yang telah bekerja tanpa pamrih.

Sementara itu, ketua DPRD Bitung Aldo Ratungalo pun memberi acungan jempol terhadap kerja dari Tumbel. “Jujur saya mau katakan sebelum disibukan dalam kampanye, dalam setiap pembahasan badan anggaran ataupun persoalan pendapatan beliau terus menjadi Bintang dalam setiap pembahasan, karena menyangupi semua yang dikatakan demi kesejahteraan masyarakat,” singkat Ratungalo.(red)  

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: