PT IW, Pekerjakan 19 Orang Asing Baru Tanpa Isolasi

BitungMB— Sejumlah pekerja lokal yang ada di perusahaan asing PT IW alias Indo yang berada di samping KEK Sagerat merasa was-was akibat diperkerjakannya sejumlah pekerja asal Thailand diperusahaan itu. Yang ditakutkan para pekerja lokal jika pekerja asing tersebut tidak diisolasi Covid.

“Mereka datang mungkin pada akhir tahun lalu dan langsung bekerja disini, sementara kami tidak melihat mereka diisolasi atau tidak,”jelas salah seorang pekerja kasar di tempat tersebut yang namanya engga disebutkan itu.

Bukan hanya itu saja, pihak perusahaan sendiri enggan menjelaskan kepada pihak pekerja siapa dari mana dan bagaimana status kesehatan pekerja ini. “Perusahaan tidak mau menjelaskan status ke 19 orang ini. Apakah mereka disolasi atau tidak itu kami tidak tau sehingga saat bekerja kami berusaha menjauhi mereka, meski kadang tak bisa menghindar akibat aktifitas pekerjaan,” jelas sumber.

Sayangnya upaya Konfirmasi ke pihak perusahaan PT Indoword melalui Humasnya Mr Nisar tak mendapatkan hasil, saat sejumlah wartawan mengunjungi pabrik tersebut. “Maaf tidak bisa masuk karena anda harus membuat janji dulu dengan bagian humasnya,” ungkap Satpam yang berada dalam pos terdepan perusahaan itu.

Konfirmasi lanjutan dilakukan via ponsel pada (4/1) lalu kepada Mr Nisar, tiga pesan yang dikirimkan via mesin elektronik hanya dibaca dan tidak dijawab.

Kepala dinas tenaga Kerja Kota Bitung, Wens Luntungan saat dikonfirmasi menjelaskan kalau pihaknya tidak bisa melakukan pengecekan. “Kami belum bisa melakukan pengecekan ke perusahaan tersebut karena mungkin para tenaga kerja asing ini baru datang dan untuk kelengkapan masuk dari naker asing ini masil dilakukan oleh pihak imigrasi,” katanya.

Pihaknya baru berhak jika para naker asing ini sudah melakukan pekerjaan disini. “Jika memang mereka sudah bekerja lama disini itu baru kewenangan kami, tapi jika sudah meresahkan pekerja lokal lainnya nanti kami cek,” tutup Luntungan,(red)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: