Pangemanan Lemhanas, Kunce, Rudy dan JR Calon Sekkot

BitungMB—Persiapan demi persiapan guna membenahi Struktur pemerintahan Pemkot Bitung kini mulai bergulir. Setelah beberapa waktu lalu, bocor kabinet MMHH kini jabatan tertinggi dari para ASN di kota Bitung kembali ramai dibicarakan di tingkat pimpinan kota Bitung soal siapa yang nantinya menjabat sebagai Sekretaris Kota Bitung.

Beredar kabar jika sejumlah nama calon sekretaris kota Bitung telah di godok di meja Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Dari bocoran yang didapat wartawan nama-nama tersebut adalah Ruddy Theno ST (kepala dinas PU Bitung), Frosman Dandel MS.i yang sering disapa Kunce (Pejabat di Minahasa Utara) dan yang terakhir adalah  Jemmy Ringkuangan AP MS.i.( Karo Pengadaan dan Jasa Pemprov Sulut)

Sekretaris Kota Bitung yang saat ini dijabat oleh DR Audy Pangemanan, di tenggarai akan ditinggalkan Pangemanan guna mengikuti pendidikan tertinggi tatanan ASN yaitu Lemhanas.

Melihat potensi dari para calon tersebut nama Jemmy Ringkuangan adalah pejabat yang pernah masuk bursa calon Plt Kabupaten Minahasa sehingga diramalkan merupakan pejabat yang mumpuni menduduki jabatan ini, namun dari bocoran di pihak Gubernur sendiri Ringkungan merupakan pejabat yang kritis bahkan tak segan-segan memberikan kajian-kajian terhadap pimpinannya.

Nama berikutnya adalah Ruddy Theno yang secara kualitas adalah kepala Dinas PUPR kota Bitung pada 3 Periode dijaman Hanny Sondakh Robert Lahindo, Hanny Sondakh Max J Lomban, dan Max J Lomban dan Maurits Mantiri.

Dan nama yang terakhir adalah  Frosman Dandel yang saat ini memegang jabatan Eselon 2 di wilayah Minahasa Utara (Minut) yang merupakan mantan Kepala dinas dan Camat di Kota Bitung yang akhir-akhir ini terlihat sering jalan bersama dengan Walikota terpilih Maurits Mantiri serta Hengky Honandar.  

Kendati demikian, melihat pengalaman dan juga aturan yang lalu-lalu bahwa usulan siapa Calon Sekretaris Daerah (Sekda) adalah kewenangan penuh oleh usulan Walikota sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) ke pihak Kementrian Dalam Negri (Kemendagri).

Sementara itu, Audy Pangemanan saat dikonfirmasi mengatakan jika dalam jabatannya, para calon Sekretaris Daerah akan dites Kompetensinya. “Bagitu juga dengan Sekkot dalam 5 tahun menjabat harus di tes kompetensinya,” jelas Pangemanan.

Dirinya sendiri menolak jika dikabarkan akan mengikuti Lemhanas. “Belum belum ada keputusan untuk mengikuti lemhanas,”jawab Pangemanan.

 Frosman Dandel MS.i pun mengatakan bahwa dirinya belum tahu soal ini. “Hal ini saya belum tahu, heheh,” balasnya kepada wartawan saat ditanya soal itu lewat mesin elektronik.

Jemmy Ringkuangan pun menjawab hal yang sama saat dikonfirmasi menjelaskan jika dirinya belum tau jika sudah ada pengodokan jabatan sekda Bitung namun sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dirinya akan taat pada perintah atasan. “Pada prinsipnya saya tetap akan selalu loyal jika ditugaskan. Malahan saya diajarkan bukan loyal lagi tapi totalitas untuk pimpinan,” singkatnya.

Sementara itu, Ruddy Theno ketika dimintai tanggapan soal hal ini,  dia menjawab kalau dirinya belum mendapatkan kabar soal itu. “Saya belum tahu, wah sudah ada baperjakat dong” singkatnya.(mm)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: