239 Rumah di DAS Girian Terendam, MM Turun Lokasi

BitungMB—Sejumlah rumah yang berada di bantaran sungai Girian  pada (16/1) subuh tadi terendam air akibat meluapnya sungai  Tulap di Girian.

Lokasi yang terendam air tersebut ada di Kelurahan Girian Weru 1 dan Girian Bawah serta Manembo-nembo Bawah.

Dari penelusuran Wartawan di lokasi banjir tersebut, di Girian Weru 1 lokasi Plein dapur warga sebagain kemasukan air hingga mencapai lutut orang dewasa namun lebih parah di lagi di lokasi puskesmas Girian Weru dimana air masuk ke rumah hingga pinggang orang dewasa.

Wakil Walikota Maurits Mantiri, Kapolres Bitung AKBP FX Winardi dan Dandim Bitung saat berada di Lokasi bencana pagi tadi

Lurah Girian Weru 1 Dhevan Rasyid yang ditemui wartawan dilokasi bencana subuh itu mengatakan jika bencana ini sudah menjadi langganan di sebagain wilayahnya. “Ini sudah menjadi langganan disini dan kedepan semoga bisa diperbaiki dengan cara melakukan pengerukan dan meninggikan talud yang ada,” jelasnya lagi.

Diapun mengatakan jika untuk banjir kali ini ada sekitar 26 rumah yang terendam banjir. “Di Plein sekitar 9 Rumah dan lokasi puskesmas sekitar 17 rumah,”  katanya.

Sayangnya di Kelurahan Manembo-nembo tepatnya di kampung Philipin langsa dua pihak Kelurahan dan kecamatan sampai berita ini diturunkan masih dalam pendataan apparat kelurahan. “Sampai saat ini masih dalam pendataan mana yang rusak berat dan mana yang rusak ringan,” jelasnya lagi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) yang biasa disebut juga dengan Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kota Bitung Rudy Wongkar menjelaskan jika untuk Kelurahan Manembo-nembo ada sekir 100 Rumah yang terendam air. “Di kampung Philipine semuanya terendam air sekitar 120 rumah,” jelasnya didampingi staf kebencanaan Panji.

Di Kelurahan Girian Bawah lokasi Langsa 2 dan sekitarnya menurut Wongkar ada 93 rumah yang terendam air. “Kami sudah mendapatkan laporan dari Lurah Girian Bawah jika ada sekitar 93 rumah yang terdampak banjir dan saat ini masyarakat masih terus berupaya melakukan pembersihan lumpur yang ada di pemukiaman tersebut,” katanya.

Warga Kelurahan Girian Weru 1 saat mulai membersihkan rumahnya ketika air mulai surut pada pukul 02.30 Wita Subuh tadi

Wakil Walikota Maurits Mantiri yang juga adalah Walikota terpilih bersama dengan Kapolres Bitung AKBP FX Winardi terlihat di lokasi bencana pada pagi hari sekitar pukul 09.30 dan memberikan arahan kepada pihak terkait via ponselnya, karena tak ada satupun pejabat yang berada di sampingnya saat meninjau lapangan, kecuali para staf yang melekat waktu itu.(red)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: