Minsel Kecipratan 2400 Unit Vaksin Covid

MinselMB—Program Nasional Vaksinasi Kekebalan Tubuh melawan virus Covid 19 yang dicanangkan oleh presiden Jokowi secara Nasional, rupanya telah sampai di Minahasa Selatan. Buktinya sebanyak 2400 vaksin covid-19 (C-19) sudah diterima Pemerintah Kabupaten Minsel. Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel dr Erwin Schouten, kemarin usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Minsel dalam rangka HUT ke-18 tahun Kabupaten Minsel, kemarin.

Menurutnya, 2400 Vaksin C-19 yang sudah diterima Pemkab Minsel telah disimpan di tempat yang aman di Dinas Kesehatan. “Tempat penyimpanannya steril dan dijaga ketat oleh aparat keamanan Polisi dan TNI,” jelasnya.

Penerimaan Vaksin C-19 itu lanjut dr Erwin Schouten merupakan tahap awal dari yang direncanakan ada tiga tahap. Dan untuk penyuntikan pertama sasarannya adalah tenaga kesehatan. Dan khusus di Minsel ada 120 tenaga kesehatan dengan 2 dosis. “Sekali lagi saya mau sampaikan memang untuk tahap awal ini sasarannya tenaga kesehatan,” tuturnya sambil menambahkan pendistribusian Vaksin C-19 juga sudah direncanakan sesuai dengan protokol yang ada.

Distribusi vaksin ini, kata dia, sesuai dengan surat dari Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor SR.02.06/II/80/2021 Selasa 8 Januari 2021 terkait distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Dan khusus di Minsel lanjutnya, akan dilakukan launching pada tanggal 2 Februari mendatang. Dan pelaksanaannya dilakukan di RSUD Teep Kabupaten Minsel.

Untuk tahapan kedua penyuntikan lanjut Schouten akan dilakukan pada TNI dan Polri pada bulan April-Juni. Selanjutnya ASN yang melayani pelayanan publik. “Tahap ketiga penyuntikan dilakukan kepada masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya sambil menambahkan pada penyuntikan masyarakat itu juga dilakukan secara bertahap. Karena dipastikan petugas tidak bisa menjangkau langsung secara menyeluruh.(nk)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: