Humas Tinggal 2 Personil, Kapolres Minta Semua Anggota Jadi Humas

Bitung—Dengan Adanya Keterbatasan Anggota di Polres Bitung membuat langkah jitu Sosialisasi kamtibmas dilakukan oleh Kapolres Bitung AKBP Indrapramana S.Ik dimana semua anggota kepolisian bisa menjadi Humas di instansi yang dipimpinnya itu.

Hal ini dikemukakan sesaat wartawan media dalam jaringan ini mengkonfirmasi keterbatasan personil di bagian Humas polres Bitung yang saat ini diketahui wartawan tinggal dua Anggota.

“Ini hanya mekanisme saja dan pada prinsipnya semua anggota Polres Bitung menjadi humas untuk menjelaskan kepada masyarakat tugas dan Fungsi kepolisian serta apa saja yang dilakukan polres,” jelas saat silahturahmi dengan wartawan pada Jumat (19/3/21) tadi di salah satu rumah Kopi kecamatan Girian.

Namun demikian menurut Dia, tentunya anggota Polres Bitung dibatasi dengan berbagai aturan sama seperti wartawan. “Jadi ada yang belum harus diberitakan karena masih menyelidiki jangan sampai pelaku lainnya lari, ada yang tidak harus diberitakan karena akan menggangu keamanan Negara ataupun ada yang harus diberitakan agar menjadi edukasi kepada masyarakat agar jangan pernah melawan hukum sehingga ini menjadi contoh kepada anggota-anggota untuk berbicara sesuai dengan kapasitasnya,” ungkap  Indrapramana.

Dicontohkannya untuk lakalantas ada baiknya identitas korban disimpan dan mengunakan inisial saja agar tak terjadi salah kaprah dalam pemberitaan. “Jika ada kecelakaan dan disaksikan langsung oleh masyarakat ya silahkan di publikasikan agar jelas kenapa sampai terjadi kecelakaan agar warga masyarakat tau dimana letak kesalahan, namun ini semua harus diuji oleh tim yang memahami kajian-kajian penyebab kecelakaan untuk itulah semua pemberitaan harus ada konfirmasi agar jangan ada salah pemahaman dimasyarakat hanya karena orang yang memberikan keterangan adalah orang yang tidak berkompeten,” jelasnya.(ep)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: