Pasar Buha sudah Beroperasi, Tagihan Retribusi belum jalan

ManadoMB—Relokasi Pasar Tuminting ke Pasar Buha Mapanget, tuntas sudah. Pasar ini sudah diresmikan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Senin (22/03/21) pekan lalu. Dan hingga Sabtu (27/03/21) kemarin pasar baru tersebut sudah beraktivitas secara normal. Hanya saja, belum dilakukan pungutan restribusi oleh PD Pasar Kota Manado.
“Pasar Buha sudah beroperasi normal sejak diresmikan. Cuma memang belum ada penarikan retribusi atas arahan Pak Walikota. Para pedagang diminta menyesuaikan dulu dengan aktivitas jual-beli di pasar baru tersebut,” jelas Brilliant Charles Lasut, Kabag Umum PD Pasar Kota Manado.
Selanjutnya, Lasut yang ditemui di PD Pasar Kota Manado, pekan lalu membeberkan bahwa ada 19 kios dan 168 lapak yang sudah ditempati para pedagang. “Kami memprioritaskan para pedagang lama di Pasar Tuminting,” imbuh aktivis pemuda ini.
Dari data yang ada, 173 pedagang yang menempati lapak, seluruhnya terbagi ke dalam dua gedung. “Untuk Gedung Atas (Gedung 1, red) ada 94 pedagang dengan 5 pedagang lainnya menempati lapak 1A hingga 5A, sedangkan di Gedung Bawah (Gedung 3, red) diiisi 71 pedagang,” tambahnya.
Dari 165 pedagang ini, terbagi ke 12 zona jualan.
“Bawang-rica-tomat (Barito, red) 28 pedagang, sayur (16), ikan (53), ayam (1), kelapa(4), babi (4), rumah makan/kopi (6), kue (5), buah (8), pakaian bekas atau cakar bongkar (cabo) cuma 1 pedagang, pakaian (4) dan bahan campuran(25),” beber BCL, singkatan namanya.
Untuk penataan di pasar tersebut, PD Pasar Kota Manado menurut Lasut sudah menempatkan 11 orang staf secara reguler di Pasar Buha. “Cuma untuk penertiban masih diback-up penertib dari Pasar Bersehati dan Pasar Pinasungkulan,” pungkas pria yang juga dikenal sebagai mantan Ketua Karang Taruna Manado dan saat ini dipercayakan sebagai Plt Ketua Karang Taruna Manado ini.(henzoe)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: