Anak 6 Tahun Hampir Jadi Korban Pembakaran Rumah di Perum

Bitung—Polres Bitung telah menetapkan satu tersangka pembakaran rumah milik anggota DPRD Kota Bitung, Habriyanto Achmad di Kelurahan Girian Weru Dua, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Jumat (26/03/2020).

“Hasil dari pemeriksaan kebakaran itu, kami menetapkan satu tersangka yakni HA alias Handry (40) yang tak lain adalah kakak korban,” ujar Kapolres melalui Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Frelly Sumampouw.

Motif dari pembakaran rumah itu, kata Frelly, pelaku merasa tidak puas serta sakit hati kepada Arnold Achmad (Ayah nya) atas status kepemilikan rumah.

“Rasa sakit hati itu yang kemudian HA nekat menyiramkan bensin berulang kali di kamar lantai dua lalu membakarnya,” kata Frelly.

Mantan Kapolsek Aertembaga ini juga menambahkan, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah galon warna putih ukuran 5 Liter yang digunakan menampung bensin, dan 1 buah tempat tidur (Spring bed) yang telah terbakar.

“Pelaku dikenakan pasal 187 ayat (1) KUHP dengan menyebutkan barang siapa dengan sengaja menimbulkan ledakan, kebakaran atau banjir diancam pidana penjara paling lama 12 tahun bila perbuatan tersebut menimbulkan bahaya bagi umum dan bagi barang,” ungkapnya.

Habriyanto Achmad sendiri saat ditemui sejumlah wartawan mengatakan, proses hukum dalam peristiwa tersebut menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib.

“Sebagai warga negara yang baik, saya selaku korban dan pemilik rumah menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian serta berharap pelaku di hukum sesuai dengan Undang-undang yang berlaku,” pungkasnya.

Namun demikian dirinya menyayangkan tindakan dari saudara kandungnya tersebut karena diduga saat kebakaran terjadi di rumah tersebut ada anak berumur 6 tahun. “Syukurlah kebakaran langsung cepat ditangani saya membayangkan jika lama ditangani satu blok perum ini mungkin sudah habis dan juga saat kebakaran ponakan saya berumur 6 tahun sedang berada di kamar,” jelas anggota Fraksi PDIP DPRD Bitung ini.(red)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: